Update Terbaru, 10 Wisata Air Sekitar Bandung Raya yang Menyegarkan

Update Terbaru, 10 Wisata Air Sekitar Bandung Raya yang Menyegarkan - Hai sahabat Keparat(*Kebumen Punya Anak Rantau*) , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Update Terbaru, 10 Wisata Air Sekitar Bandung Raya yang Menyegarkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel travel, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Update Terbaru, 10 Wisata Air Sekitar Bandung Raya yang Menyegarkan
link : Update Terbaru, 10 Wisata Air Sekitar Bandung Raya yang Menyegarkan

Baca juga


Update Terbaru, 10 Wisata Air Sekitar Bandung Raya yang Menyegarkan

Update Terbaru, 10 Wisata Air Sekitar Bandung Raya yang Menyegarkan

Bandung Raya tak hanya punya wisata pegunungan yang menakjubkan, tapi juga beberapa tempat wisata air yang menyejukkan.

Mulai dari danau, curug, hingga sungai. Wisatawan dapat berkunjung ke tempat-tempat berikut untuk sekadar melepaskan diri dari penatnya kehidupan kota.

Selama berwisata, jangan lupa patuhi protokol kesehatan. Jaga 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, dan menjaga jarak.

1. Curug Malela

Curug Malela terletak di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Jam operasionalnya setiap hari pukul 08.00 - 16.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 5.500 per orang.

Lihat Foto

Dokumentasi Curug Malela

Pemandangan Curug Malela, curug hits mirip Niagara Amerika. Lokasinya ada di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Bentuk curug yang melebar ini seringkali disebut mirip dengan air terjun Niagara di perbatasan Amerika-Kanada. Karena itulah air terjun ini dikenal dengan sebutan The Little Niagara.

Tempat ini menawarkan wisata curug yang indah, di mana para pengunjung dapat puas berfoto dengan latar belakang air terjun ini. Air yang mengalir di Curug Malela berasal dari hulu sungai bagian utara Gunung Kendeng.

Tinggi air terjun ini sekitar 60 meter dengan lebar 70 meter. Terdapat lima jalur air terjun yang cukup besar. Curug ini merupakan bagian teratas dari tujuh air terjun.

Di bagian bawahnya, terdapat enam air terjun lainnya. yakni Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngeubul, Curug Sumpel, Curug Palisir, dan Curug Pamengpeuk.

2. Situ Cileunca

Situ Cileunca merupakan danau buatan yang ada di daerah Warnasari, Pangalengan, Kabupaten Bandung. Harga tiket masuknya Rp 2.500 per orang.

Di sini, wisatawan dapat mengelilingi danau yang luas ini naik kapal kayu kecil dengan tarif naik mulai Rp 75.000 per orang. Tempat ini populer sebagai tempat menikmati keindahan sunrise.

Wisatawan juga dapat melakukan arung jeram yang meliputi aliran Sungai Palayangan atau sekadar berfoto di beberapa spot Instagramable. Salah satu yang populer adalah jembatan yang melintang di atas danau.

3. Situ Patenggang

Selain Situ Cileunca, ada pula Situ Patenggang yang terletak di Ciwidey, Kabupaten Bandung. Di tempat ini, kamu dapat menikmati keindahan danau yang luas dan perkebunan teh yang menghadap ke arah danau.

Kamu dapat menyewa perahu yang disediakan pengelola untuk berkeliling di sekitar danau. Kunjungi pula Pulau Cinta yang ada di tengah-tengah danau.

Lihat Foto

KOMPAS/SAMUEL OKTORA

Situ Patenggang, danau eksotik, Minggu (1/3/2015), di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tampak elok dengan kondisi khasnya yang meneduhkan dan hening dibalut dengan hawa sangat sejuk. Hamparan kebun teh yang subur dan hijau juga membuat daya tarik tersendiri bagi danau ini.

Jika lapar, kamu dapat menikmati makanan khas Sunda di rumah makan berbentuk perahu Pinisi berukurang besar.

Tak itu saja, tempat ini juga punya fasilitas glamping untuk menginap bersama keluarga, yakni Glamping Lakeside Rancabali. Ada beberapa jenis tenda mewah di sini dengan beragam fasilitas menarik. Harganya mulai dari Rp 1,2 juta per tenda.

Tiket masuk ke Situ Patenggang adalah Rp 25.000 per orang. Jam operasionalnya pukul 09.00 - 17.00 WIB.

4. Wisata Kampung Rahong

Wanawisata Kampung Rahong merupakan sebuah kompleks wisata yang terletak di Pangalengan, Kabupaten Bandung. Lahan ini memiliki luas 4,5 hektar dan terbagi menjadi enam tempat wisata berbeda.

Salah satu klaster yang menawarkan wisata air adalah Wisata Alam Singkur dan Wisata Kampung Singkur.

Lihat Foto

Dok. Instagram @rahong_petak_43c

Wisatawan bermain arung jeram di Wana Wisata Rahong

Keduanya terletak di pinggir Sungai Palayangan. Pengunjung dapat menikmati segarnya air Sungai Palayangan hingga mencoba aktivitas sesuai arung jeram dari Situ Cileunca.

Nantinya, pengunjung akan beristirahat di Wisata Alam Singkur, yakni di beberapa warung pinggir sungai yang tersedia.

Di Wisata Kampung Singkur, wisatawan dapat menginap dengan glamping atau beraktivitas wisata sesuai rafting dan tubing. Harganya berkisar Rp 50.000–Rp 125.000 per orang.

5. Ciwidey Valley Resort

Selain air dingin yang menyejukkan, Bandung juga punya tempat wisata untuk menikmati air panas. Salah satu tempat pemandian air panas populer adalah Ciwidey Valley Resort.

Lihat Foto

dok. Ciwidey Valley

Area berkemah atau camping ground di Ciwidey Valley Resort

Tempat ini punya beberapa tipe kolam, mulai dari untuk anak-anak dengan aneka permainannya, hingga kolam orang dewasa yang cukup dalam.

Ada pula fasilitas dan aktivitas wisata lainnnya sesuai restoran, taman burung, taman bermain, area camping, hingga cottage. Harga tiket masuk kawasan ini adalah Rp 20.000 per orang dengan jam operasional pukul 09.00–17.00 WIB.

6. Curug Cinulang

Tempat wisata satu ini dapat dibilang legendaris. Terletak di Cicalengka, Kabupaten Bandung, air terjun ini sering dikenal dengan nama Curug Sindulang.

Lihat Foto

SYIFA NURI KHAIRUNNISA

Curug Cinulang di Kabupaten Bandung

Curug memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Wisatawan perlu menuruni tangga dari pintu masuk untuk dapat hingga bagian dasar air terjun. Jalurnya cukup sulit dan licin, sehingga perlu kehati-hatian ekstra.

Aktivitas wisata di sana beragam, mulai dari berfoto hingga bermain air di aliran sungai yang tak terlalu deras.

Ada dua air terjun yang berdampingan. Salah satunya memiliki aliran yang sangat deras, dan satu lagi tak terlalu deras. Di sana juga ada jembatan bambu yang masih sangat tradisional dan menarik sebagai latar berfoto.

Harga tiket masuknya Rp 10.000 per orang dengan jam operasional pukul 08.00–17.00 WIB.

7. Curug Cimahi

Curug selanjutnya adalah Curug Cimahi. Tempat wisata ini terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Tak jauh dari kawasan Lembang dan Cimahi.

Dengan ketinggian sekitar 87 meter, curug ini jadi salah satu yang tertinggi di kawasan Bandung. Air terjun ini mengalirkan air dari Sungai Cimahi yang berhulu di Situ Lembang.

Lihat Foto

SYIFA NURI KHAIRUNNISA

Dua orang pengunjung sedang bermain air di Curug Cimahi

Seperti halnya Curug Cinulang, pengunjung harus menurungi tangga dari pintu masuk terus ke bawah untuk hingga dasar air terjun.

Proses turunnya mungkin tak berat. Namun saat kembali, tenagamu akan sangat diuji. Secara total, dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menuruni tangga-tangga tersebut.

Untungnya, suasana jalur trekking dihiasi rimbunnya pepohonan dengan jalur yang cukup baik. Terdapat pula beberapa tempat beristirahat, sesuai saung atau kursi dan meja untuk melepas lelah.

Sehingganya di dasar, wisatawan dapat berenang di dasar curug karena adanya kolam yang cukup luas. Kamu juga dapat menyusuri aliran sungai dengan batuan yang cukup besar. Atau hanya sekadar berfoto dengan latar belakang air terjun yang indah.

8. Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan terletak di Ganjarsari, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Tempat ini beroperasi mulai pukul 07.00–18.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 10.000.

Tempat ini merupakan kolam mata air pegunungan alami yang sejuk dan jernih. Airnya memancar dari sela-sela batuan. Saking jernihnya air, bagian dasar kolam bahkan dapat dilihat dengan mata telanjang dan dimanfaatkan untuk berfoto bawah air dengan kamera khusus.

Ada tiga kolam yang biasa digunakan untuk berendam atau bermain air. Dua kolam alami yang terbentuk dari bebatuan dan satu lagi merupakan kolam buatan, dengan kedalaman 1-1,5 meter yang ramah untuk anak.

Selain kolam, di sini juga terdapat air terjun kecil yang dikelilingi rimbunnya pepohonan, sehingga memberi kesan teduh dan tenang di kawasan tersebut. Air di tempat ini juga dipercaya memiliki khasiat menyembuhkan penyakit dan menjaga kesehatan tubuh.

9. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut merupakan sebuah danau purba dengan air yang jernih kebiruan dan tebing batu yang mengelilingi danau. Mitosnya, tempat ini merupakan kolam mandi para bidadari yang turun dari kahyangan.

Biasanya, wisatawan berenang dan bermain air di sekitar danau. Bagi pencinta adrenalin, mereka juga memanfaatkan tebing-tebing batu ini untuk meloncat indah ke arah danau. Kedalamannya sendiri tiga meter, jadi masih cukup aman.

Danau Sanghyang Heuleut diyakini terbentuk akibat letusan gunung api purba yang bernama Gunung Sunda. Di sekitar danau ini, terdapat dua gua yakni Gua Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek.

Danau Sanghyang Heuleut buka setiap hari pukul 08.00–16.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 10.000 saja.

10. Curug Tilu Leuwi Opat

Terakhir ada Curug Tilu Leuwi Opat yang terletak di Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Letaknya tak terlampau jauh dari Curug Cimahi, Ciwangun Indah Camp, dan Dusun Bambu. Harga tiket masuknya Rp 10.000 dengan jam operasional pukul 06.00–18.00 WIB.

Kamu dapat menikmati pesona air terjun dengan airnya yang sejuk. Wisatawan biasa berenang, bermain air, dan berfoto di sekitar air terjun.

Aliran airnya berasal dari Situ Lembang. Curug ini dapat ditempuh melalui jalur trekking yang tak terlalu ekstrem. Air terjunnya sendiri pun tak terlalu tinggi, bahkan cenderung pendek.

Di sana juga tersedia area outbound dengan aneka wahana permainan seru. Termasuk juga area camping bagi yang ingin menginap di alam.

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Mengatasi Whatsapp Business Sering Error dan Diblokir Sendiri

Berkenalan Dengan Istilah Information Retrival Pada Pemrograman


(KOM)(MLS)