Lagi Viral, Aturan Perjalanan Naik Kereta Api Selama PPKM Mikro

Lagi Viral, Aturan Perjalanan Naik Kereta Api Selama PPKM Mikro - Hai sahabat Keparat(*Kebumen Punya Anak Rantau*) , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Lagi Viral, Aturan Perjalanan Naik Kereta Api Selama PPKM Mikro, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel travel, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Lagi Viral, Aturan Perjalanan Naik Kereta Api Selama PPKM Mikro
link : Lagi Viral, Aturan Perjalanan Naik Kereta Api Selama PPKM Mikro

Baca juga


Lagi Viral, Aturan Perjalanan Naik Kereta Api Selama PPKM Mikro

Lagi Viral, Aturan Perjalanan Naik Kereta Api Selama PPKM Mikro

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro akan dilaksanakan pada 9 - 22 Februari 2021, menindaklanjuti PPKM tahap kedua yang berakhir 8 Februari 2021.

Pelaksanaan PPKM Mikro ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021.

Sama sesuai PPKM Jawa-Bali, PPKM Mikro ini juga diterapkan di tujuh provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.PPKM Mikro juga tetap memberlakukan pembatasan perjalanan masyarakat.

Video Pilihan

Berdasarkan berita Kompas.com, peraturan perjalanan yang diberlakukan, termasuk untuk moda transportasi kereta api jarak jauh, masih sama sesuai peraturan yang diterapkan semasa PPKM jilid pertama dan kedua.

Lebih lengkapnya, berikut ini rangkuman aturan perjalana naik kereta api di masa PPKM Mikro sesuai tertera dalam Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19.

1. Wajib bukti hasil negatif tes Covid-19

Pelaku perjalanan kereta api antarkota wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen atau GeNose test. Calon penumpang dapat memilih salah satu dari metode tes tersebut.

2. Bisa random check

Untuk pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi umum darat, maka dapat dilakukan tes acak atau random check rapid test antigen atau GeNose test bila diperlukan oleh Satgas Covid-19 Daerah.

Lihat Foto

KOMPAS.COM/

Kereta api menjadi salah satu moda transportasi umum yang terdampak pandemi (Dok. Shutterstock/Ikhsan Prabowo Hadi)

3. Jangka waktu pengambilan sampel

Sampel untuk tes Covid-19 dengan metode RT-PCR atau rapid test antigen, atau GeNose test harus diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

4. Aturan khusus di masa libur panjang atau libur keagamaan

Khusus selama libur panjang atau libur keagamaan, pelaku perjalanan jarak jauh harus melakukan tes RT-PCR atau rapid test antigen atau GeNose test yang diambil dalam kurun waktu 1x24 jam sebelum keberangkatan.

5. Pengecualian

Syarat RT-PCR atau rapid test antigen atau GeNose test sebagai syarat perjalanan ini tidak berlaku untuk anak-anak di bawah 5 tahun.

6. Bisa tes di stasiun

Pihak PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga menyediakan fasilitas tes Covid-19 di stasiun untuk para penumpang. Kamu dapat melakukan tesnya langsung di stasiun agar lebih praktis.

Untuk metode yang tersedia, saat ini ada rapid test antigen dan GeNose test. Saat ini, ada 43 stasiun di Jawa dan Sumatera yang menyediakan layanan rapid test antigen di stasiun dengan harga Rp 105.000.

Sementara untuk GeNose test, baru tersedia di dua stasiun yakni Stasiun Pasar Senen Jakarta dan Stasiun Tugu Yogyakarta dengan harga pre-launching Rp 20.000 sekali tes.

Bagi calon penumpang yang mau melakukan tes Covid-19 di stasiun, diimbau untuk melakukannya tidak di hari yang sama. Alasannya, agar tidak terburu-buru dan malah menghambat keberangkatan.

7. Diimbau isi e-HAC

Tercantum dalam SE, bahwa seluruh pelaku perjalanan dengan seluruh moda transportasi umum juga pribadi benar-benar diimbau untuk mengisi electronic-Health Access Card (e-HAC).

Sementara untuk pelaku perjalanan udara dan laut diwajibkan mengisi e-HAC Indonesia.

Lihat Foto

KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Calon penumpang kereta api jarak jauh mengikuti pemeriksaan sampel napas GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (4/2/2021). Mulai 5 Februari 2021, PT KAI menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta sebagai syarat untuk naik kereta api jarak jauh.

8. Masa berlaku SE

SE ini berlaku efektif mulai tanggal 9 Februari 2021 hingga dengan waktu yang ditentukan. Terkait PPKM Mikro sendiri, dijadwalkan akan berlangsung 9 - 22 Februari 2021.

9. Perbedaan dengan aturan sebelumnya

Ada sedikit perbedaan terkait aturan perjalanan dengan kereta api antara PPKM jilid pertama dan kedua, serta PPKM Mikro. Aturan sebelumnya tertera pada SE Satgas Covid-19 Nomor 5 Tahun 2021.

Salah satunya, terkait pengecualian syarat tes Covid-19 yang batas umurnya berevolusi. Sebelumnya, pengecualian tes berlaku untuk anak-anak di bawah 12 tahun. Sementara di SE ini, pengecualian belaku untuk anak-anak di bawah 5 tahun.

Selain itu, ada pula poin yang khusus mengatur mengenai aturan perjalanan selama libur panjang atau libur keagamaan.

Bahwa pelaku perjalanan jarak jauh darat dan moda kereta api wajib melakukan RT-PCR atau rapid test antigen atau GeNose test yang diambil dalam kurun waktu 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Poin tersebut tidak tertera sama sekali dalam SE sebelumnya yang berlaku selama masa PPKM jilid kedua.

Kemudian, ada pula imbauan untuk mengisi e-HAC yang tertera dalam SE terkini. Di SE yang lama, pengisian e-HAC diwajibkan bagi pelaku perjalanan dengan seluruh moda transportasi umum juga pribadi.

Dengan pengecualian penumpang moda transportasi kereta api, syarat e-HAC tersebut tidak diwajibkan.

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Blogspot Auto Post Indonesia => https://malasnulis.my.id

Berkenalan Dengan Istilah Information Retrival Pada Pemrograman


(KOM)(MLS)