Wow! Wisata Gunung Gamping, Ada Goa Hingga Spot Camping

Wow! Wisata Gunung Gamping, Ada Goa Hingga Spot Camping - Hai sahabat Keparat(*Kebumen Punya Anak Rantau*) , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Wow! Wisata Gunung Gamping, Ada Goa Hingga Spot Camping, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel travel, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Wow! Wisata Gunung Gamping, Ada Goa Hingga Spot Camping
link : Wow! Wisata Gunung Gamping, Ada Goa Hingga Spot Camping

Baca juga


Wow! Wisata Gunung Gamping, Ada Goa Hingga Spot Camping

Wow! Wisata Gunung Gamping, Ada Goa Hingga Spot Camping

Kawasan Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah memang punya sejuta pesona. Wisata alam di sana jadi tujuan liburan bagi banyak wisatawan lokal juga luar daerah Karanganyar.

Salah satu tempat wisata alam di Tawangmangu yang belum terlalu banyak didengar adalah Gunung Gamping.

Video Pilihan

Kawasan ini beradal di Desa Bandardawung, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Tepatnya di kaki Gunung Lawu, pinggi jalan Matesih-Tawangmangu.

“Gunung Gamping ini wisata alam. Ada sunset, sunrise, ada juga panjat tebing, kemudian ada wisata religi,” kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dwi Hargo Gunung Gamping Aziz Purwanto ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (30/1/2021).

Wisata Gunung Gamping saat ini memang masih dikelola warga sekitar melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dwi Hargo bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Karena berupa gunung, maka pengunjung perlu mempersiapkan fisik sebelum berkunjung ke sana. Terdapat jalur undakan tangga yang sudah disediakan untuk dapat menuju kawasan wisata dari tempat parkir.

Lihat Foto

Dok. Wisata Alam Gunung Gamping Tawangmangu

Berpose di puncak tebing di Gunung Gamping Tawangmangu

Dibutuhkan waktu sekitar 3-5 menit untuk mendaki tangga yang cukup menanjak tersebut.Wisata religi Goa Wisnu

Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan di Gunung Gamping adalah wisata religi di goa yang terdapat di sana. Adalah Goa Wisnu, goa alami yang sering digunakan sebagai tempat berdoa atau ritual orang-orang pengikut kepercayaan tertentu.

“Di situ sering digunakan untuk tempat pemujaan bagi mereka yang memiliki keyakinan, permintaan, sering mengunjungi tempat itu.” ujar Aziz.

Ia melanjutkan, biasanya ritual dilakukan setiap malam Jumat atau bulan Suro. Ritual biasa dilakukan dari sore dan mereka baru pulang pada pagi hari.

Di dalam goa tersebut hanya terdapat beberapa arca yang sengaja dibawa oleh orang-orang tersebut sebagai sarana beribadah. Menurut Aziz, arca tersebut dibawa sekitar 20 tahun lalu.

Sebelumnya, di dalam goa juga terdapat mata air. Namun sayangnya, mata air tersebut kini telah habis dan tidak ada lagi.

Goa Wisnu dapat diakses melalui pintu masuk wisata Gunung Gamping, lewat pintu di jalur sebelah timur.

Aktivitas wisata di Gunung Gamping Tawangmangu

Selain mengunjungi Goa Wisnu, wisatawan yang datang ke Gunung Gamping juga dapat berkemah di beberapa spot yang sudah disediakan pengelola. Tarif camping di sana adalah Rp 30.000 per tenda.

Biasanya, mereka yang berkemah di Gunung Gamping akan dapat menikmati pemandangan indah di sekitar kawasan tersebut. Jika cuaca sedang cerah di siang hari akan terlihat pemandangan kota Solo dan Tawangmangu di kejauhan.

Termasuk juga puncak Gunung Lawu, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu hingga Waduk Gajah Mungkur. Di malam hari, akan terlihat gemerlap cahaya lampu yang cantik dari rumah-rumah warga.

Namun sayangnya, karena sedang ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlangsung 26 Januari–8 Februari 2021, Kabupaten Karanganyar memberlakukan pembatasan jam operasional tempat wisata.

Oleh karena itu, aktivitas berkemah yang artinya menginap selama 24 jam masih belum diperbolehkan, termasuk di Gunung Gamping.

Selain berkemah, wisatawan juga dapat berfoto di spot-spot foto yang telah disediakan. Ada instalasi unik yang terbuat dari kayu, ada pula gazebo. Pengunjung bahkan dapat juga berfoto di puncak-puncak bukit gamping.

Tak itu saja, ada pula spot khusus untuk kamu pencinta olahraga ekstrem khususnya panjat tebing.

Namun sayangnya, spot tersebut baru dapat dipakai oleh komunitas panjat tebing dan pencinta alam dari universitas-universitas di sekitar Karanganyar atau mereka yang memang sudah ahlinya.

Lihat Foto

KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA

Wisata Gunung Gamping Tawangmangu.

“Untuk sementara belum disediakan (untuk wisatawan). Kita belum punya instrukturnya karena berisiko juga. Kemudian, alat-alatnya juga lumayan mahal. Untuk tempatnya juga di situ masih alami,” terang Aziz.

Terkait protokol kesehatan selama pandemi, Aziz mengungkapkan bahwa pengelola telah menyediakan beberapa spot cuci tangan. Selain itu, ada pula pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermo gun sebelum memasuki kawasan wisata.

Kemudian karena tempatnya terbuka dan berada di alam, maka akan mudah untuk menerapkan. Pengunjungnya juga relatif tak terlalu banyak akibat kebijakan PPKM ini.

Jika ingin berkunjung ke sana, maka kawasan wisata Gunung Gamping buka setiap hari pukul 06.00 - 18.00 WIB.

Aktifkan Notifikasimu

Aktifkan

Mengatasi Whatsapp Business Sering Error dan Diblokir Sendiri

Kenali Berbagai Macam Tipe Data yang Ada di Bahasa Pemrograman


(KOM)(MLS)