Istilah Umum Pada Genset

Istilah Umum Pada Genset - Hai sahabat Keparat(*Kebumen Punya Anak Rantau*) , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Istilah Umum Pada Genset, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Serba Serbi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Istilah Umum Pada Genset
link : Istilah Umum Pada Genset

Baca juga


Istilah Umum Pada Genset

Saat ini keberadaan genset sangat penting baik di kebutuhan rumah tangga, pertokoan, perkantoran maupun industri besar. Pada kegiatan perkantoran dan industri sangat penting memiliki genset sebagai alternatif cadangan listrik apabila terjadi pemadaman listrik, agar tidak menggangu kegiatan operasional. 
jurnalpost.com
Pentingnya keberadaan genset dalam dunia industri dan perkantoran membuat kini banyak sekali yang menawarkan rentalgenset, namun pastikan anda menyewa di tempat yang terpercaya, berpengalaman dan memiliki tenaga ahli. Selalu putuskan untuk menyewa genset di tempatsewa genset terbaik.
Sebelum anda memutuskan membeli atau menyewa genset ada baiknya mengetahui terlebih dahulu beberapa istilah umum dari genset;   
1. Kawat lilitan   
Istilah pertama tentu saja ada 2 jenis kawat lilitan pada mesin generator set yaknitembaga dan alumunium. Tembaga merupakan penghantar listrik yang lebih baik daripada alumunium karena kemampuan menghantar listrik alumunium lebih rendah dibanding tembaga.

2. Panel AMF/ATS
AMF merupakan kependekkan dari Automatic Main Failure. Fitur ini digunakan untuk menghidupkan atau mematikan kerja genset secara otomatis dengan menggunakan sinyal dari luar. Sementara ATS atau Automatic Transfer Switch adalah sebuah fitur yang memungkinkan proses transfer sumber daya dari PLN menuju daya genset.
3. Cara menyalakan genset
Terdapat 2 cara untuk meyalakan genset yaitu sistem recoil (tarikan tali) atau elektrik starter. System starter hanya tinggal menekan tombol starter (on/off) pada mesin genset, sedangkan system recoil dengan cara menarik tuas pada mesin genset. Genset diatas 3000 watt biasanya sudah dilengkapi dengan sistem starter.
4. Max Output dan Rated Output
Max output adalah daya yang dikeluarkan genset waktu pertama kali dinyalakan, kemudian setelah beberapa saat daya tersebut akan menurun menjadi Rated output (daya rata rata), satuannya kVa atau terkadang Watt. Untuk membeli sebuah genset perhatikan rated output nya , jangan max output nya .
5. AVR (Automatic Voltage Regulator)
Generator set yang dilengkapi dengan AVR memiliki tegangan yang stabil dan tidak kelebihan beban, sehingga dalam penggunaannya genset ini lebih aman.
6. Noise level
Noise level secara sederhana dapat di katakan sebagaitingkat kebisingan mesin genset, Suara tidak perlu ini harus di ukur untuk menghindari ketidaknyamanan orang sekitar. Sebisa mungkin gunakan genset silent atau yang tidak terlalu nyaring sehingga suara yang ditimbulkan tidak terlalu bising.