Mengetahui Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Motor Matic

Mengetahui Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Motor Matic - Hai sahabat Keparat(*Kebumen Punya Anak Rantau*) , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengetahui Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Motor Matic, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Serba Serbi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Mengetahui Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Motor Matic
link : Mengetahui Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Motor Matic

Baca juga


Mengetahui Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Motor Matic


tribunnews.com
Pada motor matic, oli berperan penting sebagai pelumas sehingga mesin dapat bekerja dengan baik. Karena fungsi penting tersebut, oli harus diganti secara tepat agar kerja mesin tidak terganggu. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana caranya menentukan waktu yang tepat untuk mengganti mesin. Terlalu cepat mengganti oli padahal masih bisa digunakan akan merugikan. Selain itu, lupa mengganti oli padahal sudah waktunya untuk diganti juga lebih merugikan. Untuk itu Anda harus tahu ciri-ciri oli motor matic harus diganti.

Ciri-ciri Oli Motor Matic Harus Diganti
 
Sebenarnya penggantian oli bisa dilihat dari jarak tempuh pemakaian. Namun hal tersebut kurang akurat karena biasanya oli yang berkualitas dapat tahan lebih lama, sebaliknya oli yang kurang berkualitas bisa saja membutuhkan pergantian sebelum waktunya. Berikut ciri-ciri oli motor matic Anda harus segera diganti :

  1. Volume oli mesin berkurang
Volume oli mesin dapat berubah seiring bertambahnya frekuensi pemakaian motor. Hal tersebut bisa terjadi karena oli akan menguap saat terkena panas, oli masuk ke ruang bakar, serta ada kebocoran oli. Untuk mengetahui volume oli mesin, Anda bisa menggunakan stik oli. Caranya yaitu cabut penutup oli kemudian bersihkan terlebih dahulu stik oli menggunakan kain. Setelah bersih masukkan kembali stik ke dalam oli. Cabut stik oli dan lihat sampai mana oli melumuri stik. Jika volume oli berkurang maka cek apakah ada kebocoran dan lakukan penggantian.
  1. Warna menjadi hitam pekat dan encer
Biasanya, oli mesin yang masih baru berwarna cokelat atau biru, memang pekat namun tidak berwarna hitam. Oli bisa berwarna hitam karena terkena panas dan zat emisi sisa pembakaran. Jika oli sudah berwarna hitam maka oli tersebut sudah terkontaminasi dengan zat lain seperti gas NOX, kerak, dan bahan bakar yang tidak terbakar. Segera ganti oli motor matic Anda agar performa tidak memburuk akibat daya lumas menurun.
  1. Suhu mesin akan terasa lebih tinggi
Oli juga berfungsi untuk meratakan panas mesin sehingga jika sudah waktunya ganti, fungsi tersebut tidak dikerjakan dengan baik. Karena panas tidak merata maka Anda akan merasa bagian tertentu menjadi sangat panas. Jika Anda merasakan hal tersebut maka segera lakukan pengecekan warna dan volume oli. Jika volume mesin berkurang dan warna oli menjadi lebih hitam pekat maka sudah waktunya Anda mengganti oli dengan yang baru agar performa motor kembali.
  1. Setelah melewati KM 3.000
Ciri-ciri terakhir oli motor matic Anda harus segera diganti adalah jika sudah melewati batas KM 3.000. Interval ganti oli pada motor memang lebih cepat dibandingkan mobil karena oli pada motor bekerja lebih ekstra dibandingkan oli pada mobil. Mobil memiliki teknologi yang mendukung performa agar lebih maksimal sedangkan motor tidak.

Angka KM tersebut bisa Anda lihat dengan jelas pada dashboard motor. Tetapi angka tersebut bergerak saat motor berjalan, pada jalanan terjal motor bekerja ekstra namun angka KM hanya sedikit bertambah. Hal tersebut yang membuat oli harus segera diganti padahal belum menyentuh interval. Selain itu, kualitas oli motor yang Anda gunakan juga berpengaruh karena oli yang berkualitas lebih awet.

Itulah 5 ciri-ciri oli motor matic Anda harus segera diganti. Gantilah oli motor Anda dengan oli Mobil Super Moto Matic yang berkualitas tinggi. Dengan oli Mobil yang berkualitas tinggi maka performa motor matic Anda akan jauh lebih baik. Selain itu, oli berkualitas dari mobil.co.idbisa lebih tahan lama jadi Anda tidak perlu menggantinya dalam waktu yang singkat.