Mengenal Sistem Generator Dalam Instalasi Listrik

Mengenal Sistem Generator Dalam Instalasi Listrik - Hai sahabat Keparat(*Kebumen Punya Anak Rantau*) , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal Sistem Generator Dalam Instalasi Listrik, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Serba Serbi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Mengenal Sistem Generator Dalam Instalasi Listrik
link : Mengenal Sistem Generator Dalam Instalasi Listrik

Baca juga


Mengenal Sistem Generator Dalam Instalasi Listrik

Dalam artikel ini kami akan memberikan informasi tentang perangkat instalasi listrik. Hal ini merupakan aspek utama dalam merancang sistem distribusi listrik yang efisien. Sistem distribusi listrik ini terus berkembang dari waktu ke waktu. Anda akan mengenal dengan system generator kelistrikan.

alexanderhire.co.uk
Adapun salah satu pengertian generator kelistrikan ini adalah sebuah mesin yang dapat mengubah energi gerak (mekanik) menjadi energi listrik (elektrik). Energi yang menggerakkan generator sendiri sumbernya bermacam macam.
Pada pembangkit listrik tenaga angin misalnya generator bergerak karena adanya kincir yang berputar karena angin. Demikian pula pada pembangkit pembangkit listrik tenaga air yang memanfaatkan energi gerak dari air. Sedang pada pembangkit listrik gerak dari generator didapatkan dari proses pembakaran bahan bakar diesel.

Prinsip Kerja / Cara Kerja Generator Listrik
Generator bekerja berdasarkan hukum faraday yakni apabila suatu penghantar diputarkan didalam sebuah medan magnet sehingga memotong garis garis gaya magnet maka pada ujung penghantar tersebut akan timbulkan ggl (garis gaya listrik) yang mempunyai satuan volt.

Macam-Macam Generator:
1. Jenis generator berdasarkan letak kutubnya dibagi menjadi: generator kutub dalam : generator kutub dalam mempunyai medan magnet yang terletak pada bagian yang berputar (rotor). Generator kutub luar : generator kutub luar mempunyai medan magnet yang terletak pada bagian yang diam (stator).
2. Jenis generator berdasarkan putaran medan dibagi menjadi generator sinkron dan generator asinkron.
3. Jenis generator berdasarkan jenis arus yang dibangkitkan generator arus searah (DC) dan generator arus bolak balik (AC).
4. Jenis generator dilihat dari fasanya generator satu fasa dan generator tiga fasa
5. Jenis generator berdasarkan bentuk rotornya: generator rotor kutub menonjol biasa digunakan pada generator dengan rpm rendah seperti PLTA dan PLTD.

Kemudian  generator rotor kutub rata (silindris)  biasa digunakan pada pembangkit listrik / generator dengan putaran rpm tinggi seperti PLTG dan PLTU.

Manfaat atau Fungsi Generator
Generator berfungsi untuk menghasilkan listrik dengan cara mengubah gerak menjadi energi listrik sehingga bisa digunakan untuk berbagai keperluan.