Candi Tebing Tinggallinggah Gianyar

Candi Tebing Tinggallinggah Gianyar - Hai sahabat Keparat(*Kebumen Punya Anak Rantau*) , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Candi Tebing Tinggallinggah Gianyar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bali, Artikel Indonesia, Artikel Wisata Alam, Artikel Wisata Anak, Artikel Wisata Asik, Artikel Wisata Budaya, Artikel Wisata Keluarga, Artikel Wisata Sejarah, Artikel Wisata Seni, Artikel Wisata Seru, Artikel Wisata Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Candi Tebing Tinggallinggah Gianyar
link : Candi Tebing Tinggallinggah Gianyar

Baca juga


Candi Tebing Tinggallinggah Gianyar


Sob !!! di Pulau Bali tak hanya ada pura yang unik-unik hlo, nah jika anda liburan di Kabupaten Gianyar ada suatu obyek wisata yang sangat di sayangkan jika tak mengunjunginya. Sudahkah anda mengunjungi Candi Tebing Tinggallinggah ? Yak candi memang persis dengan namanya yang mana keberadaannya di tebing sebuah sungai.

Sangat unik tentunya, pastinya bagi anda yang memiliki jiwa penasaran tak akan menyia-nyiakan kesempatan jika berlibur ke Bali bukan ? Candi Tebing Tinggallinggah merupakan situs purbakala yang baru beberapa tahun lalu ditemukan yang tak lain adalah seorang ahli purbakala berkebangsaan Belanda ( Krijsman ).

Situs bersejarah ini kaya akan nilai historis dan filosofis yang tepatnya terletak di sebuah tebing Sungai Pakerisan, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, Indonesia. Krijsman menemukan bangunan ini tatkala Ia melakukan sebuah penyelidikan terhadap sebua bangunan kecil yang saat itu hanya dianggap bangunan gapura pada umumnya oleh warga setempat.

Pembaca penasaran ? Nah, jika ingin melihatnya secara langsung terlebih dahulu anda harus menuruni tangga sebelum akhirnya sampai ke lokasi Candi Tebing Tinggallinggah. Selama perjalanan anda akan dihibur dengan pemandangan alam nan menawan berupa hamparan sawah terasering khas Bali.

Semilir angin pesawahan membuat siapa saja akan merasakan suasana pedesaan yang begitu asri dan memberi ketenangan tersendiri, hal ini tentunya cocok bagi anda yang ingin merefrsh diri dari hiruk piruk keremaian kota. Hijaunya hamparan persawahan yang luas begitu menajubkan tak luput untuk dijadikan spot berselfie para pengunjungnya.

So jangan sampai lupa bawa alat foto ya Guys, oh iya Candi Tebing Tinggallinggah memiliki 2 seni pahat yang dipisahkan oleh tebing yang berseberangan. Ke-2 seni pahat tersebut dipisahkan oleh aliran sungai Pakerisan yang mana di tiap masing-masing dinding terdapat bentuk candi dan juga sejumlah cerukan yang berbeda.

Seperti yang sudah dikatakan tadi, bahwa sebelumnya warga desa setempat hanya menganggapnya sebagai sebuah bangunan gapura masuk. Anggapan itu kemudian berbalik 100% setelah dilakukan penggalian sehingga di temukan sebuah tangga menuju keatas. Tak Cuma itu saja hlo Guys, di sebelah kanan bangunan tersebut juga didapati gapura yang lebih besar dengan kondisi sebagian telah runtuh.

Dan kerennya lagi pada bagian belakang gapura itu ada sebuah halaman yang dindingnya terpahat  dua buah candi. Sementara pada dinding sebelah kiri gapura terdapat bangunan biara yang pembangunanya belum rampung, kemungkinan besar dari hasil penelitial hal tersebut ditinggalkan disebabkan oleh adanya bencana alam berupa gempa bumi.

Hasil penelusuran dapat disebutkan sudah ditemukan sebanyak 7 cerukan dan juga 3 lingga yang berlambangkan “Trimurti” atau Dewa Utama ( Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa ). Jika diamati dengan teliti, dulunya cerukan tersebut merupakan tempat untuk semedi / bertapa.

Alamat lengkap Candi Tebing Tinggallinggah berada di Dusun Tegallinggah, Kecamatan Bedulu, Kabupaten Gainyar, Provinsi Bali, Indonesia.

Dibawah ini ada obyek wisata di Kabupaten Gianyar yang mungin bisa anda jadikan agenda wisata selanjutnya, yuk baca tentunya tempat wisata ini tak kalah serunya hlo Guys !!!

Museum Purbakala Gianyar ( Museum Gedong Arca )