Career Action Plan? Apa dan Bagaimana?

Career Action Plan? Apa dan Bagaimana? - Hai sahabat Keparat(*Kebumen Punya Anak Rantau*) , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Career Action Plan? Apa dan Bagaimana?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel action plan, Artikel career action plan, Artikel tips kerja, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Career Action Plan? Apa dan Bagaimana?
link : Career Action Plan? Apa dan Bagaimana?

Baca juga


Career Action Plan? Apa dan Bagaimana?


Career Action Plan adalah sebuah road map yang akan membawa Anda dari memilih suatu pekerjaan kemudian menjalani pekerjaan hingga akhirnya mencapai tujuan karir yang diinginkan. Career Action Plan sering disebut rencana karir pribadi atau idividual.


Ada beberapa hal yang sebaiknya kamu tahuu sebelum mengerti apa itu Career Action Plan, berikut pembahasannya.

Setidaknya ada 4 hal, nomor 4 adalah menulis di dalam catatan-mu. Tentu langkah terakhir tidak akan berjalan jika 3 hal sebelumya tidak dikerjakan.

Self Assessment
Sejatinya, langkah awal ini kamu harus memakai alat yang bernama tes penilaian diri. Hal yang dinilai adalah tipe kepribadian, termasuk minat & bakat. Maksud dari tes ini adalah mengidentifikasi manakah karir yang cocok. Idealnya kamu harus memilih antara 10 dan 15 pekerjaan yang disenangi.


Eksplorasi Karir
Tahap 2. Setelah kamu memilih dari 10-15 karir yang menurut-mu cocok, langkah berikutnya adalah mendalami karir tersebut. Mengapa? Mendaami karir sangat penting untuk prediksi kesalahanbekerja dimas mendatang. Hal yang paling penting dalam pembahan ini bukanlah mendalami semua namun hanya yang beberapa yang menarik hati saja. Biasanya dengan memilih beberapa yang paling menarik bisa membuat kamu semakin bersemangat dalam bekerja.

Baca juga: Begini Cara agar Lebih Disukai di Kantor


Gabungkan
Berbekal informasi tentang beberapa karir, kamu harus mulai berpikir tentang membuat keputusan akhir. Pertimbangkan pro dan kontra dari setiap pilihan dan kemudian pilih salah satu yang paling berkesan. Inti dari poin ketiga ini, pilihanmu harus berdasar bukan pada hal yang membuatmu senang dalam bekerja, namun jenjang karir yang bisa diraih. Keterkaitan lain dalam karir yang kamu pilih juga harus dipertimbangkan, misalnya, jika memilih karir tersebut kamu harus uliah lagi dan bersedia mengikuti training namun hasil yang kamu dapat adalah jabatan yang tinggi. Ingat, setiap keputusan pasti akan saling berkaitan satu sama lain, jadi pastikan pilihanmu benar dan dan terarah.
Sebelum kita berjalan ke poin 4,  tidak ada salahnya berbicara mengenai mengatur arah dan tujuan karir.
Alangkah baiknya jika kamu sudah tahu karir terbaik mana yang terpilih, kamu harus menetapkan tujuan dalam berkarir. Nah, saya memounyai beberapa tip salam menyusun arah dan tujuan. Tips ini saya peroleh dari supervisor salah perusahaan asing di Jakarta.

-       Ubah pola pikir-mu sesuai dengan tujuan yang ada dalam daftar yang telah disusun.
-       Tentukan mana saat yang tepat unutk berlari dan berjalan, maksudnya? Tidak akan mungkin kamu terus mengejar karir tanpa lelah, so kamu juga harus tahu mana yang bisa diraih saat ini dan mana yang bisa diraih dalam jangka panjang.
-       Identifikasi hambatan yang bisa mengancam kemampuan dalam berkembang, selain itu berusahalah untuk mencari solusi secepat mungkin karena bukan tidak mungkin disaat kamu sedang bergelut dengan masalah kerja, ternyata rekanmu sudah jauh didepan.

3 hal ini sangat berguna dalam menentukan arah, dan sudah saya praktikan walapun tidak semua berhasil. Paling tidak saya pernah mencoba.

Menulis Career Action Plan


Nah, sampailah kita pada poin ke-empat. 3 poin utama sudah kita bahas beserta poin kecil lainnya. Sekarang tulisalah semua pilihan yang paling kamu yakini, pilihan yag sudah dipertimbangkan matang. Keuntungan kamu menulis adalah semua proses yang dilewati bisa dipetakan dan kamu juga mengetahui mana yang  sudah berjlan tau yang belum berjalan. Mulai dari Self Assessment, Eksplorasi karir, Penggabungan semua tersusun rapi. Selain itu identifikasi maslaha dan slusi sudah kamu pegang. Mudah bukan? Ada yang berani mencoba?