Memulai Pekerjaan Freelance? Baca Dulu Tips Ini!

Memulai Pekerjaan Freelance? Baca Dulu Tips Ini! - Hai sahabat Keparat(*Kebumen Punya Anak Rantau*) , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Memulai Pekerjaan Freelance? Baca Dulu Tips Ini!, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Freelance, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Memulai Pekerjaan Freelance? Baca Dulu Tips Ini!
link : Memulai Pekerjaan Freelance? Baca Dulu Tips Ini!

Baca juga


Memulai Pekerjaan Freelance? Baca Dulu Tips Ini!


Ada banyak alasan besar mengapa orang ingin berusaha lepas dari pekerjaan fulltime, fakta yang paling jelas adalah keinginan bekerja tidak terikat waktu amun mempunyai income yang sama dengan pekerja pada umumnya. Kali ini Ulasan Karir akan membahas 10 hal  yang perlu dipertimbangkan mengenai freelance atau pekerja lepas, simak penjelasan berikut.


1. Apa Anda Termasuk Orang yang Berani Memulai?
Maksud dari pertanyaan ini adalah bagaimana kamu memulai suatu pekerjaan besar aau pekerjaan baru jika di dalam diri kamu tidak ada sifat berani memulai? Sifat ini sangat penting untuk dimiliki, karena akan mati-matian mempertahankan diri untuk hidup, maka dari itu pertimbangkan dengan bijak jika Anda akan memulai karir sebagai serang freelancer. Pastikan semua hal berjalan dengan pengetahuan-mu.

2. Dapatkah Anda Menangani Penolakan?
Kata yang identik dengan lepas adalah penolakan, karena sekitar 70% dari waktu yang kamu pakai akan dimulai dengan mendengar keluhan pelanggan. Sebagai freelancer pemula, reputasi adalah hal yang wajib dikejar, selain itu hal yang penting adalah membangun komunikasi dengan customer. Tidak semua customer memberikan respon bagus walaupun Anda bersikap baik dan sangat hati-hati. Terlepas dari semua itu ketika mereka menolak apa yang kamu sarankan, tangani dengan hati-hati. Karena kita tidak tahu jika mereka akan kembali dan menggunakan jasa Anda lagi.


3. Apakah Anda Takut Gagal?
Resiko besar dari meniti karir sebagai freelancer adalah kegagalan karena kurangnya kesabaraa. Hal ini juga berlaku bagi Anda ketika menjalani karir. Penolakan, kurang puas dengan hasil kerja dan bayaran yang kurang sesuai kadang menjadi pemicu kegagalan. Hal yang dapat Anda lakukan adalah kembali melihat dalam diri Anda apakah service yang dilakukan selama ini sudah memuaskan atau belum? Jika memnag kurang memuaskan berarti sudah saatnya melakukan perubahan besar.

4. Keterampilan Manajemen Waktu
Tidak dapat dipungkiri manajemen waktu adalah hal yang sangat berpengaruh pada karir siapapun. Banyak yang berhasil sukses sebgai freelcer karena mereka mampu mengatur jadwal yang walaupun padat namun bisa terpenuhi dan berjalan dengan baik. Manajemen waktu tak ubahnya memberikan bagian masing-masing pada tugas yang ada. Jadi, terampil lah membagi waktu dalam mengerjakan pekerjaan yang ada!


5. Berbicara Nyaman dengan Orang
Komunikasi adalah jembatan sukses, hal ini benar adanya. Beruntunglah orang yang mempunyai bakat ini karena mampu membuat nyaman ketika dengan siapapun. Trik berbicara dengan orang mampu dikembangan seiring berjalannya Anda menapaki karir. Ingat, tidak semua sifat orang mempunyai sifat yang sama. Contohnya, ketika Anda berbicara guyonan, tidak semua suka dengan guyonan yang Anda lontarkan

6. Situasi Keuangan Anda
Tujuan utama dari bekerja adalah mendapat income dari hasil kerja. Seorang freelancer akan sangat bergantung pada job yang dikerjakan. Ketika Anda bekerja diperusahaan setiap akhir  atau awal bulan sudah bisa ditebak uang yang akan mampir ke rekening, namun berbeda dengan karir yang kita bicarakan sekarang. Maka dari itu pergunakan dana yang Anda punya dan mulailah membuka bidang yang lain untuk berjaga-jaga jika dalam dua atau tiga bulan ke depan susah mencari income. Tidak kah Anda ingat kata pepatah, jangan menaruh bola hanya dalam satu keranjang?

7. Perluas Jaringan persahabatan
Ada benarnya kata orang dulu, semakin banyak kita bersilaturahmi maka semakin banyak pula rejeki yang kita dapat. Poin yang harus dimaksimalkan ketika Anda menjadi seorang freelanceradalah perbanyaklah sahabat, karena siapa tahu dengan banyak kenalan akan mendatangkan banjir pekerjaan yang mungkin saja tidak pernah disangka-sangka. Namun yang juga harus digaris bawahi adalah pilih sahabat yang membuat Anda menjadi besar.

Kesimpulan

Menjadi seorang freelancer membutuhkan banyak pemikiran dan perencanaan sebelum benar-benar menyelami karir tersebut, apalagi Anda sudah berkeluarga dan mereka bergantung pada penghasilan perbulan tersebut. Namun jika beberapa pertimbangan diatas dianggap kurang mewakili modal Anda sebagai seorang yang mandiri, tidak perlu buru-buru resign dari perusahaan yang membesarkan karir anda. Selamat berjuang kawan!