8 Tips Ampuh Ketika Kerja di Rumah

8 Tips Ampuh Ketika Kerja di Rumah - Hai sahabat Keparat(*Kebumen Punya Anak Rantau*) , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 8 Tips Ampuh Ketika Kerja di Rumah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kerja di rumah, Artikel tips kerja, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : 8 Tips Ampuh Ketika Kerja di Rumah
link : 8 Tips Ampuh Ketika Kerja di Rumah

Baca juga


8 Tips Ampuh Ketika Kerja di Rumah



Kerja yang efisien dari rumah adalah suatu tantangan. Banyak gangguan, kurangnya fasilitas, dan komunikasi seperti ketika Anda sedang bekerja di kantor. Tidak ada yang tidak mungkin yang di dunia ini, karena yang menjadikan kita produktif adalah kita sendiri. Ada banyak cara untuk menjaga diri Anda bekerja secara produktif dari setiap lokasi.

Apakah Anda bekerja dari rumah setiap hari, beberapa kali per minggu, atau bahkan jika Anda hanya bekerja dari rumah saat Anda sedang sakit? Berikut 8 tips ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan hasil maksimal dari kerja di rumah. Anda tidak akan percaya berapa banyak Anda bisa dilakukan dalam satu hari, saya juga!

1. Buatlah Jadwal Kerja Rutin

Inilah tahap pertama untuk memastikan produktivitas saat kerja di rumah. Hal yang perlu dicermati adalah ketika Anda dirumah godaan seperti fleksibel untuk istirahat, makan, dan bisa mengerjakan tugas kapan saja. Jika hal ini tidak Anda indahkan maka ini akan Anda karena tidak konsisten dalam bekerja dan bertanggung jawab pada pekerjaan. Menetapkan diri jam konsisten membuat Anda bertanggung jawab untuk diri sendiri dan untuk atasan Anda.
Berikut adalah faktor penting untuk dipertimbangkan ketika Anda menetapkan jadwal kerja di rumah:

A. Atasan akan tahu mengetahui kapan Anda bekerja
B. Komuniasi yang baik akan terjalin dengan adanya jam kerja
C. Menentukan jam produktif dalam bekerja

Menentukan jam kerja tidak berarti bahwa Anda harus bekerja 8 jam setiap hari, tetapi intinya harus bekerja pada waktu hari ketika Anda paling produktif. Sebagai contoh, rasanya penting bagi Anda untuk memeriksa email Anda setiap pagi, atau selalu membawa smartphone kemanapun Anda pergi. Tips yang adalah mengerjakan setiap tugas di siang hari karena badan yang segar dan tidak mengantuk menjadi acuan utama ketika bekerja.

2. Pisahkan antara Jam Kerja & Jam Santai

Sama seperti ketika Anda mengatur jam kerja, penting juga mengatur jam kerja dan jam pribadi. Jika Anda sudah mengatur jadwal sebaiknya patuhi jadwal tersebut, penting untuk memberikan diri Anda waktu istirahat saat jam sudah menunjukkan waktu istirahat. Jangan memperpanjang hari kerja terlalu jauh melampaui apa yang Anda rencanakan, karena akan menimbulkan depresi dan tidak produktif.
Menjaga waktu kerja dan waktu pribadi terkotak juga membantu Anda tetap produktif saat Anda sedang bekerja. Menjalani jadwal jam kerja, berkomunikasi, dan rencana ketika Anda tidak bekerja adalah komitmen yang harus dilaksanakan. Misalnya, jika Anda ingin makan malam atau menghabiskan waktu dengan keluarga, pastikan Anda membuat notifikasi bahwa pada saat itu Anda sedang offline. Ingat! Komitmen dengan jadwal Anda!

3. Buat Rencana Alur Kerja!

Salah satu cara jitu untuk menjaga produktivitas up adalah membuat perencanaan hari kerja Anda. Sebelum mulai bekerja, pastikan Anda mengetahui apa yang prioritas, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas tersebut. Ada baiknya Anda merencanakan apa yang akan dilaukan esok hari, keuntungannya adalah ketika Anda bangun di pagi hari tidak akan pusing berpikir tentang apa yanga akan dikerjakan.
Dalam perencanaan alur kerja, pertimbangkan hal berikut:

A. Melakukan tugas-tugas prioritas tertinggi pertama
B. Merencanakan hari Anda dengan menjalani sendiri siklus melakukan pekerjaan yang paling sulit
C Rencana sendiri penghargaan dan istirahat sepanjang hari

4. Istirahat

Langkah yang terakhir adalah istirahat, ya istirahat, poin ini memang banyak disukai oleh semua orang, begitu juga dengan Anda. Istirahat yang cukup terbukti menambah kreativitas dan produktivitas saat bekerja. Rencanakan apa yang akan Anda lakukan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan agar badan siap dipaai untuk bekerja lagi. 30 menit sangat cocok untuk istirahat pendek seperti tidur siang hari & makan siang, namun jika lebih dari 2 jam maka sebaiknya hentikan pekerjaan Anda.


5. Pakai Pakaian Seperti Bekerja di Kantor

Walaupun Anda tidak berinterksi dengan orang lain sepanjang hari, sangat penting untuk berpakaian yang pantas. Menata pakaian adalah contoh orang sukses, bukan secara langsung tetapi mengarah ke pola pembiasaan. Tidak hanya memakai pakaian namun mandi dan menyikat gigi! Pola ini akan memberitahu otak Anda bahwa saat ini waktu kerja, bukan waktu relaksasi, dan akan memberikan Anda lebih banyak energi. Celana dan T-shirt mungkin lebih nyaman, tetapi faktanya lebih banyak orang mengantuk menggunakan pakaian tersebut.

Baca juga: 3 Hal yang harus Anda Tahu Tentang Kecelakaan Kerja


6. Pilih Tempat Paling Kondusif untuk Bekerja

Punya kursi empuk, ranjang yang nikmat tapi... itu semua adalah godaan yang ahrus Anda tahan ketika waktu bekerja tiba. Pilihan tempat yang konsusif untuk bekerja adalah sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan, keuntungan yang paling jelas adalah Anda semakin percaya diri, waspada dan terorganisir. Kelola posisi dimana Anda bekerja, termasuk kursi bagus & nyaman, meja yang luas, dan alat-alat kerja yang rapi. Setelah semua tips ini Anda lakukan maka dijamin akan puas dengan hasil kerja.

7. Batasi Diri Anda

Bekerja di rumah bukan berarti Anda bebas untuk mengerjakan tugas semaunya, justru dengan bekerja di rumah tantangan besar menanti Anda. Hubungan keluarga seakan bisa renggang padahal yang Anda lakuakn murni untuk bekerja menafkahi keluarga. Batasi diri untuk bercakap dan bersantai dengan keluarga saat jam kerja, beri pengertian agar mereka bisa memberikan waktu luang untuk Anda bekerja sendiri di ruangan yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Pada akhirnya keluarga akan mengerti dengan keadaan dimana Anda bekerja dirumah memerlukan waktu dan ruang untuk bisa fokus.

8. Bersihkan Alat-alat Kantor Sendiri

Tidak seperti di kantor, dimana kantor akan selalu bersih karena ada office boy. Aktualnya keika bekerja dirumah Anda akan menjadi tenaga bersih-bersih yang harus siap sedia membersihkan ruangan kerja. Menjaga kantor rumah Anda selalu bersih membantu tetap fokus, terorganisir, dan menjadi produktif. Ingat! Kebersihan adalah sebagian dari iman.
Fakta menunjukkan bahwa rumah yang berantakan bisa “menginspirasi” Anda untuk menunda-nuda pekerjaan. Buatlah jadwal tetap untuk membersihkan kantor rumah Anda, pastikan hal tersebut dilakukan sebelum dan sesudah bekerja.

Jika Anda dapat menguasai 8 tips diatas, banyak manfaat yang akan didapat seperti kepuasan dalam bekerja akan bertambah. Selamat mencoba!