10 Hal yang Memengaruhi Kepuasan Kerja

10 Hal yang Memengaruhi Kepuasan Kerja - Hai sahabat Keparat(*Kebumen Punya Anak Rantau*) , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 10 Hal yang Memengaruhi Kepuasan Kerja, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kepuasan kerja, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : 10 Hal yang Memengaruhi Kepuasan Kerja
link : 10 Hal yang Memengaruhi Kepuasan Kerja

Baca juga


10 Hal yang Memengaruhi Kepuasan Kerja


Apa yang membuat pekerjaan memuaskan? Tiap orang mempunyai pandangan yang berbeda pada apa yang mereka cari dari pekerjaan. Bagi beberapa orang, melakukan pekerjaan yang dicintai untuk sebuah organisasi adalah kepuasan yang tak terhingga, bahkan menghiraukan besarnya pendapatan dari pekerjaan tersebut. Kepuasan bekerja juga didapat ketika hal yang dilakukan mendapat pengakuan dan apresiasi dari atasan.
Bagi banyak dari kita terutama pada saat ini kesempatan kerja yang terbatas, kita harus puas dengan pekerjaan yang memberi kita penghasilan, meskipun pada kenyataan kita mungkin tidak mencintai pekerjaan. Ulasan karir merangkum 10 hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kepuasan bekerja;


1. Membangun hubungan Anda dengan atasan
Seperti halnya membangun hubungan dengan siapapun, membangun hubungan dengan atasan dapat meningkat rasa percaya diri dan memacu untuk bekerja lebih giat daripada sebelumnya. Karyawan yang dekat dengan atasan akan lebih mudah naik jabatan karena selalu berkomunikasi dengan intens. Begitu juga dengan Anda yang ingin cepat dalam berkarir dan bisa melakukan pendekatanpersuasif negosiasi gaji dengan atasan

2. Berkontribusi untuk memperbaiki tempat kerja
Semua orang menyukai hal yang baik. Ketika Anda melihat sesuatu yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas atau fungsi organisasi, bawa hal ini di meeting bulanan, atau berbicara dengan PIC (person in charge). Membangun tempat kerja menjadi lebih baik adalah suatu kepuasan tersendiri yang bisa dilakukan, walaupun hanya hal kecil. Selanjutnya jadwalkan perbaikan tempat kerja dengan intensif.

3. Ambil bagian dalam kesempatan yang diberikan oleh organisasi/perusahaan
Perusahaan banyak memberikan kesempatan karyawan untuk cepat mengembangkan karir. Kegiatan seperti proyek-proyek khusus, kesempatan pelatihan, program kesejahteraan karyawan, menjadi kesempatan yang bisa Anda manfaatkan. Program ini mempunyai 2 tujuan yang menguntungkan perusahaan dan karyawan. Tidak ada salahnya mencoba kan?

4. Mengatur pekerjaan rutin
Banyak tugas yang biasanya kita kerjakan dengan tanpa mengindahkan tenaga dan efektifitas. Mengatur pekerjaan dapat mempermudah setiap tugas yang kia lakukan. Rencanakan setiap hari pada apa yang ingin Anda capai. Memenuhi tujuan pada akhir hari akan membawa rasa puas.

5. Kaitkan pekerjaan hari ini dengan tujuan masa depan Anda
Setiap hal yang kita lakukan akan berpengaruh pada masa depan yang ingin kita capai. Adanya belajar memahami pekerjaan membawa Anda untuk terus berpikir bagaimana agar bisa mewujudkan keinginan, namun perlu dipahami bahwa proses menempuh keinginan akan melalui tahap-tahap yang panjang.

6. Tetapkan beberapa tujuan perbaikan diri
Pikirkan bagaimana Anda bisa menambah pembelajaran dan keterampilan dalam pekerjaan yang akan membawa kepuasan pribadi dalam bergerak menuju tujuan yang diinginkan. Perbaikan diri dapat berupa meningkatkan kemampuan menggunakan komputer, belajar keterampilan teknis yang berkaitan dengan pekerjaan, ataupun memperbaiki bahasa tulisan, yang pada akhirnya menjadikan diri Anda lebih terorganisir dan efisien.

7. Hobi kreatif Ambil
Anda punya hobi? Pasti punya, entah hobi apapun itu. Jika pekerjaan Anda menjadi terlalu padat, terlalu serebral, atau membosankan, kerjakan sebuah proyek pribadi (hobi) yang kreatif. Hobi dapat membuat pikiran Anda lebih fokus dan tenang menjalani kegiatan sehari-hari. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa melakukan hal (hobi) yang disenangi akan menambah produktivitas kerja, tidak hanya itu hobi juga dapat membuat Anda memiliki perusahaan besar. Ini semua berawal dari hobi.

8. Luangkan waktu untuk bersantai dan meregangkan
Ambil waktu uang untuk beristirahat, bercengkrama denga sahabat atau memainkan gadget. Pekerjaan yang padat bisa mengurangi ketepan dan kecepatan dalam bekerja. Pastikan setiap 2 jam bekerja Anda beristirahat selama 10 menit.

9. Manjakan Diri Anda
Tidak ada salahnya membawa makan dan barang koleksi pribadi ke kantor untuk membuat pikiran Anda lebih fresh. Bekerja sambil ngemil membuat bersemangat menjalani hari. Setidaknya itu yang pernah saya alami.

10. Berinteraksi dengan rekan kerja
Sadar atau tidak rekan kerja yang baik akan meningkatkan kepuasan kita dalam bekerja. Berinteraksi dengak rekan kerja mempunyai banyak keuntungan antara lain dapat menyelesaikan pekerjaan dengan ide-ide yang brilian. Semakin bagus komunikasi yang dibangun antara Anda dan rekan akan berpengaruh besar pada performa kerja.


Sepuluh hal ini memang bukan hal mutlak yang bisa dipakai untuk meraih kepuasan kerja, karena tiap orang mempunyai perspektif masing-masing dalam menjalani karir. Semoga bisa menjadi referensi Anda untuk mengejar karir yang gemilang