6 Tips Ampuh Mencari Kerja untuk Introvert

6 Tips Ampuh Mencari Kerja untuk Introvert - Hai sahabat Keparat(*Kebumen Punya Anak Rantau*) , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 6 Tips Ampuh Mencari Kerja untuk Introvert, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel introvert, Artikel mencari kerja, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : 6 Tips Ampuh Mencari Kerja untuk Introvert
link : 6 Tips Ampuh Mencari Kerja untuk Introvert

Baca juga


6 Tips Ampuh Mencari Kerja untuk Introvert



Introvert. Introvert adalah tipe orang yang cenderung memilih untuk diam daripada menunjukan kepribadiannya pada orang lain. Orang bersifat seperti ini sebenarnya memiliki kemampuan di atas rata-rata namun sulit membuka diri, bahkan hanya untuk mengobrol dengan orang baru. Introvert biasanya mempunyai dunia sendiri dimana mereka bisa berekspresi sesuka hati.
Menjadi seorang yang sulit membuka diri pada orang lain memang tantangan yang harus dihadapi, karena banyak pula yang berhasil menemukan jati diri dengan mencoba sesuatu yang baru. Bahkan, kamu juga dapat menemukan banyak orang yang, meskipun dengan sifat introvert mereka, mampu memimpin tim besar di dalam organisasi yang dihormati. Berikut akan kami bahas cara mencari kerjabagi introvert.


1. Jujur dengan sifat-mu
Berbohong tentang sifat introvert kamu miliki, terutama ketika mencari pekerjaan, bukan merupakan ide yang baik. Menurut orang yang berpengalaman, menjadi diri sendiri adalah jalan paling cepat untuk mendapat pekerjaan.
Memang menyembunyikan sifat sejati dalam sebuah wawancara dapat membantu kamu mendapatkan pekerjaan, tetapi suatu ketika kamu akan menemukan tugas dari atasan yang notabene diluar kemampuanmu.


Jadi, jujur dengan diri sendiri dan orang-orang yang kamu temui. Sedikit malu untuk mengakui, namun beberapa pengusaha benar-benar mencari tipe pribadi pendiam karena cenderung menunjukkan produktivitas yang lebih dari ekstrovert.

2. Promosikan Diri dengan Online
Kamu tipe pendiam? Tenang, kita hidup di jaman yang penuh dengan kemudahan. Semua potensi dan peluang bisa kita dapatkan asal mau berusaha. Sebagai contoh, kamu bisa mengunjungi portal pencarian kerja dan membuat profil di LinkedIn. Dua hal mudah yang dapat kamu lakukan, bahkan dari rumah. Satu lagi, pastikan untuk menjaga profil-mu selalu diperbarui untuk menarik pengusaha.
Selain dari dua hal di atas, kamu juga dapat mempromosikan diri melalui jejaring sosial, membuat blog atau portofolio online. Terlepas dari promosi, internet tentu menguntungkan untuk tujuan penelitian. Kenapa begitu? Misal, kamu dapat menggunakan internet untuk meneliti perusahaan dan pengusaha sebelum melakukan wawancara.
Ini akan membantumu memelajari lebih lanjut tentang tujuan mereka, visi dan misi, dan membuatmu lebih percaya diri tentang pengetahuan suatu perusahaan dalam wawancara.

3. Cari Mentor
Seorang mentor(baca: Trainer) dapat membantumu meningkatkan cara bagaimana mengelola diri sendiri. Mentor tidak hanya dapat membantu memoles keterampilan dan menunjukkan daerah yang kamu perlu perbaiki, mereka juga dapat melatih kamu untuk menjawab dengan percaya diri dalam wawancara yang akan dijumpai.
Mempunyai mentor untuk membimbing melalui proses perekrutan serta membantu meningkatkan keterampilan komunikasi telah terbukti untuk introvert dan telah memungkinkan banyak orang tipe pendiam lainnya untuk menyesuaikan diri lebih baik di tempat kerja mereka.

4. Rencanakan Apa yang akan dilakukan
Takut menghadapi perekrut dan pertanyaan yang mereka ajukan dapat menjadi halangan terbesar untuk introvert. Hal ini sering membuat mereka tampil buruk di wawancara.
Oleh karena itu, tips terbaik adalah berlatih menjawab semua pertanyaan mungkin dan topik pembicaraan di rumah sebelum kamu berangkat ke kantor untuk wawancara. Kamu dapat meminta keluarga atau teman untuk membantumu melalui sesi latihan wawancara kerja.
Peran mentor juga sangat penting dalam berlatih. Dengan berada di sekitarmu dan menyadari kekurangan yang kamu miliki, mereka dapat membantu dengan merencanakan adegan wawancara.

5. Pelajari Keterampilan Baru
Harus diakui setiap orang memiliki ketrampilan di bidangnya. Bahkan mengubah ketrampilan tersebut menjadi ladang pencaharian. Hal ini menunjukkan talenta ada di setiap pribadi masing-masing.
Menjadi seorang introvert bukan berarti kamu tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain atau memimpin tim. Introvert memiliki kapasitas yang tidak dimiliki orang lain. Namun perlu diketahui, tidak semua ketrampilan datang dengan sendirinya. Harus ada yang dipelajari, seperti mengelas, menggunakan komputer, dll.

6. Terbuka
Poin nomor 6 ini adalah hal paling penting. Secanggih apapun kamu menguasai semua poin di atas, tidak ada gunanya jika kamu tidak bisa bisa membuka diri dengan lingkungan atau orang lain. Melangkah sedikit di luar zona kenyamanan mungkin cara terbaik yang perlu kamu lakukan untuk mengesankan orang yang berkomunikasi dengan kamu, terutama pewawancara.
Ingatlah bahwa kamu tidak perlu menjadi seorang ekstrovert untuk menjadi seorang pemimpin besar atau speaker. Kamu bisa menjadi apa pun yang kamu inginkan. Yang perlu kamu lakukan adalah untuk percaya pada kemampuan dan diri sendiri.


Mencari pekerjaan bisa membuat semua orang frustasi, terlepas dari tipe kepribadian yang dimiliki. Jangan biarkan alam introvert mengurungmu. Yakin dan percaya kamu bisa meraih pekerjaan impian!