Tips Menemukan dan Mengangkat Pegawai

Tips Menemukan dan Mengangkat Pegawai - Hai sahabat Keparat(*Kebumen Punya Anak Rantau*) , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Menemukan dan Mengangkat Pegawai, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips And Trik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Tips Menemukan dan Mengangkat Pegawai
link : Tips Menemukan dan Mengangkat Pegawai

Baca juga


Tips Menemukan dan Mengangkat Pegawai

Menemukan dan mengangkat pegawai yang bisa fit dengan culture dan berkontribusi untuk organisasi adalah tantangan bagi setiap recruiter. Berikut ini 10 tips untuk recruitment yang lebih baik:

1. Mengembangkan “kolam kandidat”
Untuk mendapatkan kandidat yang terbaik kita harus mempunyai pilihan dari kandidat-kandidat. Oleh karena itu kita harus mengembangkan “kolam kandidat” dengan mengumpulkan surat lamaran para kandidat yang potensial sebelum kita membutuhkan.
Investasikan waktu untuk menjalin hubungan dengan universitas dan antar recruiter di perusahaan lain.
Bergabunglah dengan asosiasi dan milis yang bertukar informasi atau tempat berkumpulnya para pencari kerja.
Menggunakan jasa professional penyedia tenaga kerja, misalnya: jobsdb, head hunter, dll

2. Mengangkat karena hal yang pasti
Menurut Bruce N. Pfau dan Ira T. Kay, pengarang buku The Human Capital Edge, kita seharusnya mengangkat pegawai karena “hasil kerjanya di masa lampau (organisasi dengan culture yang serupa) sebagai prediktor terbaik perilaku kerjanya di masa depan”. Mereka juga mengatakan anda harus mengangkat kandidat yang mampu “berlari secepatnya” dengan perusahaan sehingga investasi untuk melatih dan mengembangkan hanya untuk kompetensi yang dibutuhkan di masa mendatang.

3. Carilah di dalam
Berikan kesempatan untuk karyawan yang sudah bekerja untuk melamar posisi dan mengikuti program promosi. Selalu menawarkan posisi yang lowong kepada karyawan internal, karena mereka telah mengetahui sasaran dan kebutuhan organisasi.

4. Dikenal sebagai penyedia kerja yang luar biasa
Pfau and Kay mengatakan jangan hanya menjadi penyedia kerja yang luar biasa, tapi perlu orang-orang mengenal perusahaan kita sebagai penyedia kerja yang luar biasa. Bagaimana dengan motivasi karyawan, reward, promosi, accountability, involvement, dll. Hal-hal tersebut menjadi kunci dari menjadi employer of choice. Orang luar akan mempercayai karyawan daripada literatur perusahaan.

5. Libatkan karyawan dalam proses
Ada 3 pilihan dalam melibatkan karyawan dalam proses recruitment:

- Karyawan merekomendasi seseorang sebagai kandidat
- Mereka membantu dalam menyeleksi lamaran dan kualifikais kandidat yang potensial.
- Mereka membantu bersama-sama mewawancara dan menilai cocok atau tidaknya dengan perusahaan.

Dengan menggunakan karyawan potensialnya dalam proses seleksi menciptakan komitmen karyawan tersebut untuk membantu karyawan baru mencapai kesuksesan.

6. Membayar lebih dari kompetitor
Untuk mendapatkan dan mempertahankan kandidat terbaik tentunya membutuhkan kompensasi yang terbaik juga. Banyak perusahaan yang berusaha mendapatkan karyawan yang lebih murah. Kita akan mendapatkan apa yang kita bayarkan. Seandainya kita beruntung mendapatkan orang yang “bertangan emas” karena ada hal-hal yang dia dapatkan di perusahaan. Maka dalam jangka pendek dia akan tidak puas dan mencari pekerjaan baru dengan bayaran lebih.

7. Gunakan benefit untuk menarik kandidat
Pertahankan benefit di atas standard dan apabila memungkinkan tambahkan benefit baru. Kita tidak dapat menjadi employer of choice tanpa memberikan paket benefit yang baik seperti asuransi kesehatan, tunjangan, dll.

8. Mengangkat kandidat ”ter-ter” yang anda temukan
Marcus Buckingham dan Curt Coffman mengatakan bahwa manager yang luar biasa akan mengangkat karyawan yang luar biasa juga. Alasan mengangkat seorang karyawan karena kekuatan yang dimiliki (tercepat, terteliti, dan ter ter lainnya), jangan berharap mengembangkan kelemahan yang dia miliki. Orang tidak akan berubah drastis dan hanya akan menghabiskan waktu.

9. Gunakan situs perusahaan untuk merekrut
Situs perusahaan akan menggambarkan visi, misi, nilai-nilai, sasaran, dan produk dari perusahaan. Hal ini efektif untuk merekrut karyawan, oleh karena itu banyak perusahaan telah menjalankan praktek eRecruitment.

10. Pemeriksaan referensi sebelum mengangkat
Tujuan dari memeriksa referensi dan latar belakang kandidat sebelum mengangkat sangatlah penting. Jangan sampai memasukkan seseorang yang bisa mempengaruhi kondisi dan lingkungan kerja saat ini. Pemeriksaan referensi adalah pintu gerbang terakhir yang memperbolehkan orang luar melangkah masuk ke perusahaan. Keberhasilan perusahaan di masa mendatang ditentukan oleh para recruiter.


“Quality means doing it right when no one is looking”

Sumber:
Diambil dan diolah dari: Top ten recruiting tips by: Susan M. Heathfield


by: Marcellus H